Jumat, 11 Mei 2012

Cara mempercepat BROWSING INTERNET pakai TUNNEL SSH

Permasalahan koneksi internet di Negara ini tak akan pernah selesai. Hal ini dikarenakan sifat mendasar pada diri manusia itu sendiri yaitu “Tidak pernah puas”. Jadi.. apabila kita diberi koneksi sampai sekian Giga Byte / Second-pun hal ini tak akan pernah cukup. Inginnya.. semakin cepat dan semakin cepat dan semakin cepat lagi. Apalagi bagi Anda pengguna jasa internet seperti IM2, Matrix, XL, Telkomsel, dan lainnya yang sejenis. Boleh dibilang, untuk buka satu halaman website saja dapat memakan waktu lebih dari 3 menit.
Baiklah, saya mempunyai satu trick untuk menyikapi hal ini, yaitu dengan Tunnel (penjelasan tunnel lebih lengkap oleh r4dy4http://www.jasakom.com/showthread.ph…ghlight=tunnel) . Mungkin Andabertanya-tanya, apa itu tunnel ?. Tunnel berarti terowongan dalam BahasaIndonesia, jadi apabila Anda melakukan Tunneling berarti Anda membuka jalur / terowongan koneksi dari komputer Anda kemudian ke server tunnel dan diteruskan ke server target. Untuk membuka jalur ini Anda harus mempunyai server tunnel yang melayani koneksi SSH (Secure Shell). Berikutnya Anda harus mempunyai aplikasi SSH Client agar Anda dapat terhubung dengan server tunnel, beberapa SSH Client yang serting digunakan adalah PuTTY dan Bitvise Tunnelier.
Dalam artikel ini, saya akan menggunakan PuTTY, karena ukuran aplikasi ini tidak begitu besar untuk didownload. Setelah semuanya sudah disiapkan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka aplikasi PuTTY
2. Masukkan server tunnel Anda dan port (defaultnya adalah 22)
3. Pada menu tree di sebelah kiri aplikasi PuTTY, pilih connection-
SSH
4. Centang checkbox “Don’t start a shell or command at all“
5. Centang checkbox “Enable Compression“.
6. Pada menu tree di sebelah kiri, pilih connection-
SSH-Tunnels
7. Masukkan nilai port yang Anda inginkan pada kotak masukkan “Source Port“, contohnya : 7212
8. Pada input pilihan, centang “Dynamic”
9. Klik tombol “Open”
10. Apabila benar, putty akan menghubungkan Anda dengan server
 SSHdan Server akan meminta Autentifikasi pengguna. Masukkan user Anda dan Password. Jika user dan password benar, server akan diam tidak menampilkan pesan apapun lagi.
Sampai disini Anda telah membuka terowongan dari komputer Anda ke server SSH. Berikutnya adalah bagaimana caranya agar koneksi internet Anda dapat melalui terowongan yang Anda buat ?, caranya adalah dengan mengkonfigurasi proxy dari aplikasi yang Anda gunakan. Contohnya, apabila Anda ingin browser firefox Anda melewati terowongan ini, klik menu Tools-Options. Firefox akan membuka sebuah jendela Options, kemudian pilih menu Advanced-Network, klik tombol Settings untuk menampilkan jendela konfigurasi jaringan. Pada pilihan “Configure Proxies to Access the Internet” pilihlah “Manual proxy configuration” dan uncentang kotak checkbox “Use this proxy server for all protocols”. Kosongkan semua kotak masukan Protocol dan masing-masing port nya. Isikan kotak masukan “SOCKS Host” dengan nilai 127.0.0.1 dan port nya adalah 7212. Klik OK untuk menutup jendela konfigurasi jaringan.
Sekarang silahkan Anda uji koneksi internet Anda yang sekarang dengan membuka salah satu website, gimana ? seharusnya menjadi lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung dan kritik juga saran silahkan dikolom komentar buat baik kedepannya, salam internet online.